08.46.00
0





Wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel) memiliki banyak tempat wisata menarik termasuk obyek liburan yang ada di kota Makassar. Sebagai kota terbesar di Indonesia timur, kota ini memiliki banyak lokasi yang menawan sehingga cocok sebagai destinasi berlibur. Ada obyek permainan (theme park), alam, tempat bersejarah, maupun lokasi kuliner yang wajib anda coba kelezatannya. Anda berencana berkunjung ke Makassar dalam waktu dekat ini? Silakan simak panduan berikut ini.
ayo kita lihat apa saja tempat wisata  yang wajib di kunjungi ketika anda berkunjung ke sulawesi selatan,cedikiot;

1.pantai losari.
Pantai Losari adalah Tempat indah yang sangat cocok untuk memandang sunset di tepi pantai ini merupakan salah satu favorite pengunjung. Ombaknya memang tidak besar tetapi suasana dan banyaknya penjual makanan seperti pisang epe yang dijajakan di sini selalu membuat wisatawan kangen dan selalu kembali ke pantai Losari.



 2.Pulau Samalona.
pulau samalona yaitu Pulau eksotis yang letaknya hanya 2 kilometer dari pantai Losari ini adalah surga terumbu karang yang sangat indah. Kondisi ini mirip dengan suasana Gili Trawangan yang menjadi tempat wisata terkenal di Lombok. Nama Samalona sudah sangat terkenal di dunia. Banyak wisatawan asing maupun domestik yang pernah menyelam dan menikmati keindahan taman laut di tempat ini. Anda tertarik ke sini? 




3.Air terjun Takapala
Air terjun Takapala,Lokasinya masih di Malino dan ini salah satu yang cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan. Anda pernah melihat air terjun Sipiso-piso yang menjadi tempat wisata terkenal di Medan Sumatera Utara? Pasti anda berkata tempat ini merupakan versi mininya karena sangat mirip. 




4.tanjung bira.
Pantai Tanjung Bira,Pantai indah yang terkenal di dunia ini dapat ditempuh dalam waktu sekitar 4 hingga 5 jam dengan jarak tempuh kurang lebih 210 kilometer dari pusat kota Makassar. Jika anda naik pesawat dan melihat keindahan laut bergradasi warna biru, hijau dan putih di selatan Makassar, maka itulah keunikan pantai ini. Bahkan jika anda berada di tepi Tanjung Bira inipun gradasi tetap nampak dalam jepretan foto anda. 




5.malino.
Kawasan Malino. Jarak tempuh menuju Malino dari Makassar sejauh 90 kilometer dan anda butuh sekitar 2-3 jam untuk dapat mengunjungi tempat yang sejuk ini. Ada beberapa air terjun yang indah di Malino yang layak untuk anda kunjungi. Dan tentu saja kebun teh yang sangat eksotis. 




6.bantimurung
Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung memiliki berbagai keunikan, yaitu: karst, goa-goa dengan stalaknit dan stalakmit yang indah, dan yang paling dikenal adalah kupu-kupu. Bantimurung oleh Alfred Russel Wallace dijuluki sebagai The Kingdom of Butterfly (kerajaan kupu-kupu. Taman Nasional ini merupakan salah satu tempat tujuan wisata yang menyuguhkan wisata alam berupa lembah bukit kapur yang curam dengan vegetasi tropis, air terjun, dan gua yang merupakan habitat beragam spesies [termasuk [kupu-kupu]].
Taman Nasional ini memang menonjolkan kupu-kupu sebagai daya tarik utamanya. Di tempat ini sedikitnya ada 20 jenis kupu-kupu yang dilindungi pemerintah dan ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah No. 7/1999. Beberapa spesies unik bahkan hanya terdapat di Sulawesi Selatan, yaitu Troides Helena Linne, Troides Hypolitus Cramer, Troides Haliphron Boisduval, Papilo Adamantius, dan Cethosia Myrana. Antara tahun 1856-1857, Alfred Russel Wallace menghabiskan sebagian hidupnya di kawasan tersebut untuk meneliti berbagai jenis kupu-kupu. Wallace menyatakan Bantimurung merupakan The Kingdom of Butterfly (kerajaan kupu-kupu). Menurutnya di lokasi tersebut terdapat sedikitnya 250 spesies kupu-kupu.
Lokasi wisata ini juga memeliki dua buah gua yang bisa dimanfaatkan sebagai wisata minat khusus. Kedua gua itu adalah Gua Batu dan Gua Mimpi.[2]
Selain di kawasan Bantimurung, Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung memiliki berbagai macam lokasi ekowisata yang menarik. Di sana terdapat lebih dari 80 Gua alam dan Gua prasejarah yang tersebar di kawasan karst TN Bantimurung-Bulusaraung. 






itulah tempat2 wisata yang menarik kalian kunjungi saat anda berkunjung ke sulawesi selatan.
 


0 komentar:

Posting Komentar